Lean Six Sigma Consulting Program

Lean Six Sigma Consulting Program

SHARE

Menurut data statistik, rata-rata industri dan jasa dunia memiliki 30-40% (dari omset) apa yang dikenal dengan pemborosan. Pemborosan ini disebut sebagai “Cost of Poor Quality (CoPQ). Berapa besar pemborosan ini terjadi di Perusahaan Anda? Pemborosan ini sebenarnya tidak perlu terjadi apabila kita mengetahui bagaimana cara mengelolanya. Pemborosan inilah yang langsung mengurangi keuntungan perusahaan. Untuk dapat memastikan bahwa seluruh kegiatan yang dilakukan efektif dan efisien, maka perlu dilakukan program peningkatan kinerja bagi seluruh karyawan atau member dari tim kerja agar mereka bersama pimpinannya dapat menunjukkan kinerja terbaik mereka. Merekalah yang bertanggung-jawab langsung terhadap pencapaian kinerja baik itu berupa produk atau jasa. Seberapa besar pemborosan tersebut terjadi di bagian masing-masing? Dan bagaimana cara menghilangkannya? Serta apa peran mereka terhadap keberhasilan tim kerja? Untuk itu, kami menawarkan program konsultasi penerapan Lean Six Sigma untuk mengurangi cost of Poor Quality.

Apa dan mengapa Lean Six Sigma? Lean Six Sigma adalah suatu metode atau model yang merupakan gabungan antara metode Lean Practices dan Six Sigma. Lean Practice fokus pada pencapaian efisiensi terbaik dengan meningkatkan aktivitas yang memberikan nilai tambah sehingga penggunaan sumberdaya termasuk SDM menjadi optimum. Sedangkan Six Sigma fokus pada pencapaian efektivitas terbaik dengan mengontrol atau menghilangkan variabel proses bisnis agar menurunkan cacat produk atau jasa yang ada berikan. Visi Lean Six Sigma adalah tercapainya kinerja terbaik hingga 99,99966% tingkat keberhasilan atau hanya 3,4 cacat produk/jasa per-satu juta kesempatan produk/jasa yang diberikan. Dengan menerapkan metode ini maka pemborosan yang terjadi dapat dikurangi sehingga meningkatkan keuntungan perusahaan melalui peningkatan kinerja.

TAHAPAN & LANGKAH IMPLEMENTASI LEAN SIX SIGMA CONSULTING
1. Presentasi dan diskusi gambaran umum tentang Lean Six Sigma.
Tuntunan perusahaan masa kini, Tujuan perusahaan, Kondisi perusahaan kini, Apa dan mengapa Lean Six Sigma, Sistem manajemen kinerja dan Target peningkatan kehandalan SDM

2. Diskusi untuk membuat proposal pilot program Lean Six Sigma kepada manajemen perusahaan lengkap dengan tahapan yang akan dilakukan.
• Mempersiapkan proposal untuk meyakinkan manajemen bahwa penerapan program Lean Six Sigma dapat menurunkan biaya operasi dan meningkatkan keuntungan melalui peningkatan kemampuan SDM sehingga mengurangi cost of poor quality.
• Manfaat yang akan diperoleh – ROI lebih besar 100%, mengurangi biaya operasi dengan meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses bisnis.
• Mencapai “better, faster, and cheaper” products or services.

3. Setelah disetujui, dilakukan sosialisasi kepada seluruh manajemen dan karyawan tentang akan diadakan pilot program peningkatan kinerja baik dalam cost & revenue manajemen serta proses bisnis

4. Workshop Lean Six Sigma satu hari untuk manajemen
– Konsep Lean Six Sigma – apa, mengapa, dan bagimana Lean Sigma diterapkan sebagai strategi bisnis untuk meningkatkan kinerja perusahaan mencapai hasil lebih baik, lebih cepat, dan lebih murah.
– Keselarasan KPI (Key Performance Indicator)
– Knowledge Manajemen – bagaimana menterjemahkan kebutuhan stakeholder menjadi knowledge untuk seluruh jajaran organisasi.
– Peran menajemen terhadap suksesnya penerapan Lean Six Sigma.

5. Workshop Lean Six Sigma tiga hari untuk frontline manajemen
– Konsep Lean Six Sigma – apa, mengapa, dan bagimana LeanSigma diterapkan sebagai strategi bisnis untuk meningkatkan kinerja perusahaan mencapai hasil lebih baik, lebih cepat, dan lebih murah.
– Knowledge Manajemen – bagaimana menterjemahkan kebutuhan stakeholder menjadi knowledge untuk seluruh jajaran organisasi.
– Memahami langkah-langkah DMAIC agar dapat membimbing dan mengarahkan karyawan untuk menerapkan Lean Six Sigma.
– Latihan melihat dengan memetakan proses bisnis high level dan KPI setiap tim kerja.
– Menentukan tantangan yang dihadapi dengan proram kerja LeanSigma pada bidang kerja masing-masing
– Peran frontline pemimpin sebagai pemilik proses kerja untuk keberhasilan penerapan Lean Sigma

6. Workshop Lean Six Sigma lima hari untuk karyawan
– Peran karyawan dalam menghadapi perubahan dan peningkatan hasil kerja
– Konsep LeanSigma – apa, mengapa, dan bagimana LeanSigma dapat meningkatkan kinerja perusahaan menghasilkan hasil lebih baik, lebih cepat, dan lebih murah.
– Knowledge manajemen – tahapan untuk meningkatkan knowledge proses kerja dengan menggunakan tools LeanSigma secara efektif.
– Memahami langkah-langkah DMAIC serta pplikasi alat bantu (tools) Lean Six Sigma secara efektif untuk memberikan kepuasan pada stakeholder. Dimulai dari menentukan spesifikasi keiinginannya, pemahaman dan pengetahuan tentang proses kerja, serta tugas dan tanggung jawab karyawan untuk menghasilkan produk.
– Pemetaan proses kerja ditingkat karyawan, penyelarasan tujuan dengan tim lain menggunakan scorecard, melihat area dimana proses kerja yang menguntungkan dilakukan perbaikan.
– Presentasi program kerja pada Pembina dan penandatangan komitmen untuk melaksanakan program kerja

7. Bimbingan dan diskusi pelaksanaan Lean Six Sigma selama enam bulan sampai pilot program berhasil

8. Merayakan sukses pada bulan ke-enam pelaksanaan. Presentasi seluruh tim yang telah berhasil dihadapan manajemen

9. Pemberitaan secara terus menerus pada media perusahaan tentang keberhasilan dan kemungkinan penerapan program Lean Six Sigma pada seluruh level perusahaan.
– Berita rinci apa yang dilakukan sampai hasil yang dicapai
-Membuat situs perusahaan secara menyeluruh dan menjadi situs kinerja perusahaan dan promosi.

Silahkan menghubungi tim marketing kami untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut tentang program konsultasi Lean Six Sigma ini.

FAQ ( Frequently Asked Question)

Silahkan klik link ini atau link Frequently Ask Question untuk mengetahui pertanyaan – pertanyaan yang sering dilontarkan seputar Training yang kami selenggarakan.

Please read our privacy policy

 

1 COMMENT

Leave a Reply